Pemahaman Para Guru Kristen Tentang Keterampilan Komunikasi Empati Terhadap Pelayanan Pastoral Di Sekolah Kristen Se-Kota Denpasar
Main Article Content
Abstract
Sekolah Kristen mengemban amanat agung Matius 28:19-20, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan transformasi di bidang pendidikan, melalui pelayanan pastoral. Adanya kecenderungan guru Kristen terjebak dalam rutinitas dan berorientasi pada kemampuan akademik semata, ditandai dengan menggunakan sebagian kecil waktu untuk membangun hubungan dengan peserta didik, padahal tidak semua masalah dapat diselesaikan secara akademik. Pelayanan pastoral guru Kristen akan lebih maksimal bila disertai dengan pemahaman keterampilan komunikasi empati. Penelitian ini bertujuan mengetahui (a) pemahaman keterampilan komunikasi empati guru Kristen, (b) pelayanan pastoral guru Kristen, (c) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman keterampilan komunikasi empati dengan pelayanan pastoral guru Kristen, dan (d) pengaruh antara pemahaman guru Kristen tentang keterampilan komunikasi empati terhadap pelayanan pastoral pada sekolah Kristen se-kota Denpasar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi penelitian adalah guru Kristen se-kota Denpasar sebanyak 269 orang, sampel sebanyak 159 orang yang diambil dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Teknik analisis data dengan (a) analisis deskripsi data, (b) uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji linearitas menggunakan deviation from linearity, (c) hipotesis ketiga dengan analisis korelasi sederhana, (d) hipotesis keempat dengan koefisien diterminasi dan analisis regresi sederhana untuk menguji pengaruh variabel X terhadap Y.
Article Details
References
Akhadiat, S. dkk.. Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan
Tinggi, 1992.
Balz, H. & Gerhard Schneider, Exegetical Dictionary of the New Testament. Grand
Rapids: William B Eermands Publishing Company, 1990.
Blog ruang diakses 23 Juni 2020 https://blog.ruangguru.com/fakta-kualitas-guru-di- indonesia-yang-perlu-anda-ketahui.
Brotosudarmo, Drie S. Pendidikan Agama Kristen untuk Perguruan Tinggi.
Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.
Furqanul Azies dan Alwasilah, A. Chaedar. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif
Teori dan Praktek. Cet. I. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.
Gardner,Howard. Frames of Mind. New York: BasicBooks, 1983.
Gleason, K. A., Jensen-Campbell, L. A., & Ickes, William. The role of empathic
accuracy in adolescents' peer relations and adjustment. Personality and Social Psychology Bulletin, 35(8): 2009.
Gingrich,W. Lexicon of the Greek New Testament. Chicago: The University of
Chicago Press, 1958.
Gintings.EP. Konseling Pastoral.ed. Jason Lase. Bandung: Jurnal Info Media, 2009.
http://drdeborahserani.blogspot.com/2010/10/empathy-cognitive-and-affective.html
http://psp.sagepub.com/content/36/3/398.abstract.
http://drdeborahserani.blogspot.com/2010/10/empathy-cognitive-and-affective.html
Ickes, William & Tooke, William. The observational method: Studying the
interactions of minds and bodies. In S. Duck, D.F. Hay, S.E. Hobfoll, W.
Ickes, William & B. Montgomery (Eds.), Chichester:Wiley, Handbook of personal
relationships: Theory, research, and interventions, 1988.
Ickes, William. Everyday mind reading: Understanding what other people think and
feel. Amherst, New York: Prometheus Books, 2003.
Journal of Social Issues Volume 55, Issue 4, pages 729–743, Winter 1999,
http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/0022-4537.00144/abstract.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. http://kbbi.web.id/
Margianto, Yoppi, Belajar Sendiri Bahasa Yunani berdasarkan Injil Yohanes.
Yogyakarta: Penerbit Andi, 2004.
Salim,P. Advanced English-Indonesian Dictionary. Jakarta : Modern English
Press, 1991.
Semi,M.Atar. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Mugantara,1995.
Slamet, St. Y. dan Amir. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia
(Bahasa Lisan dan Bahasa Tertulis). Surakarta: Universitas Sebelas Maret,
Smit,Donald K, Creating Understanding; A Handbook Christian communication a
cross cultural landscapes. Michigan: Zondervan Publishing House, 1992.
Soyomukti,N. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2012.
Statistik-pendidikan-propoinsi-bali-204-41 diakses 23 Juni 2020 https://bulelengkab.go.id/assets/instansikab/126/bankdata/statistik- pendidikan-propinsi-bali-2011-41.pdf
Stephen R. Seni Mendengarkan dan Komunikasi yang Efektif. Jakarta: Klik
Publishing, 2011.
Susabda,Yakub B. Pastoral Konseling Jilid 1. Malang:Gandum mas, 2009.
Suhendar, M.E. Sari Mata Kuliah MKDU Bahasa Indonesia. Bandung: Poiner Jaya,
Susanto,D. “Pelayanan Pastoral Holistik” Sekilas tentang Pelayanan Pastoral di
Indonesia, ed. Daniel Susanto. Jakarta: Majelis Jemaat GKI Menteng, 2010.
Syaiful Rohim, Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam dan Aplikasi. Jakarta: Rineka
Cipta, 2009.
Tarigan,HG. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit
Angkasa, 1986.
Van Brumellen,H. Walking with God in the Classroom terj. Fanni Leets
Santoso.Colorado: Purposeful Design Publications A Division of ACSI, 2011.
Yeti Mulyati, dkk, Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka, 2010.